Cara Melacak Smartphone dan Tablet Android Yang Hilang Atau Dicuri

Cara Melacak handphone

Teknologi - Smartphone Android yang hilang atau dicuri dapat ditemukan kembali meskipun dari jarak jauh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melacaknya melalui jaringan Internet, Anda juga dapat mengunci layar smartphone dari kejauhan dan juga dapat menghapus seluruh data yang ada didalamnya. 


Namun, Android Device Manager tidak dapat memantau history pergerakan perangkat smartphone yang hilang secara lengkap. Untuk itu, Anda dapat menggunakan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti aplikasi Anti-Theft dari Avast. 

Syarat utama agar smartphone Anda yang hilang dapat diketahui posisinya adalah smartphone harus dalam kondisi menyala dan terkoneksi dengan internett. Apa jadinya jika smartphone Anda dimatikan dan tidak terkoneksi internet? Tentu akan sulit saat melacak posisi keberadaan ponsel Anda yang hilang atau dicuri oleh orang lain.

Kalau begitu, bagaimana cara menemukan Smartphone Android yang hilang atau dicuri? Cara melacak ponsel berikut ini bisa Anda coba untuk mengetahui keberadaan Smartphone Anda.

Cara Melacak Smartphone dan Tablet Android Yang Hilang


Aplikasi bawaan smartphone Android pada umumnya sudah dilengkapi dengan Android Device Manager. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak posisi ponsel, mengunci, serta menghapus seluruh data yang ada dalam smartphone atau tablet Android Anda kejauhan.

Caranya adalah Anda wajib mengaktifkan fitur Android Device Manager dengan cara:
  • Buka Google Settings 
  • Pilih Android Device Manager 
  • Pilih Aktifkan.

Setelah Device Manager pada Android diaktifkan, Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs Google Play, kemudian klik ikon roda gigi di bagian atas, dan pilih Android Device Manager. Jika sudah aktif, Anda dapat melihat lokasi perangkat ponsel yang hilang melalui maps.

Aplikasi bawaan Android ini sebenarnya memiliki kelemahan, sebab fitur Android Device Manager bisa terhapus jika smartphone di-reset ulang. Sehingga si penemu atau pencuri bisa dengan leluasa mengatur ulang perangkat smartphone Anda tanpa dapat melacaknya. [liputan6.com]

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa di Kecamatan Kradenan

Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

Batu akik American Star asli dan palsu