Blora Siap Gelar Festival Barong Nusantara 2014

Pemerintah Kabupaten Blora akan menyelenggarakan Festival Barong Nusantara 2014. Acara yang merupakan hari jadi Kabupaten Blora ke-265 ini akan menampilkan kesenian Barong dari berbagai daerah.Blora Siap Gelar Festival Barong Nusantara 2014
Altet barongsai menunjukkan atraksi dalam kejuaraan Internasional Lion Dance Championship 2014 di Tangerang Selatan, Banten, (1/6). Kejuraaan tersebut dikuti 20 tim dari 9 Negara. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat
"Kami ingin mengangkat kesenian tradisional yang sudah sangat mengakar di masyarakat Blora," kata Kepala Bidang Kebudayaan Kabupaten Blora, Suntoyo, Kamis, 30 Oktober 2014.

Festival ini diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan masyarakat Blora akan seni Barong tersebut. Acara semacam ini digelar pada 2009. Suntoyo mengatakan pihaknya berencana menggelar festival tersebut diadakan 2 tahun sekali.

Acara yang akan diselenggarakan, Sabtu, 1 November 2014 itu, tidak hanya menampilkan seniman Barong dari daerah lain. Tetapi juga menampilkan kesenian Barong yang berasal dari civitas akademika, Institut Seni Surakarta. 

"Kami ingin masyarakat tahu bagaimana seni Barong ini tidak hanya dari daerah lain tapi juga dari dunia kampus," kata Suntoyo.

Acara ini akan berlangsung dari pagi hingga malam di alun-alun Kabupaten Blora. Puncaknya akan ditampilkan kesenian Barong yang berasal dari Bali, Kendal, dan Kediri.
Sumber : Tempo.com

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa di Kecamatan Kradenan

Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

Batu akik American Star asli dan palsu