BKD Blora : Hari Pertama Seleksi CPNS 2014, 18 Peserta Gugur Karena Tak Ikut Ujian

Sejumlah peserta seleksi CPNS 2014 mengikuti ujian dengan sistem CAT. (ilustrasi)

BLORA. Ujian tertulis CPNS Blora dengan metode CAT (Computer Assisted Test) mulai digelar  di rumah dinas Bakorlin I Pati, Minggu (30/11) kemarin. Di hari pertama itu, sebanyak 18 orang tidak hadir mengikuti ujian. Merekapun langsung dinyatakan tidak lolos.

Pasalnya, tidak ada dispensasi atau kesempatan kedua mengikuti ujian bagi peserta yang tidak hadir sesuai waktu yang dijadwalkan. ‘’Terlambat sedikit saja langsung dicoret, apalagi tidak hadir. Yang tidak hadir dengan alasan apapun langsung gugur,’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora, Suwignyo.

Suwignyo yang memantau pelaksanaan ujian di Pati tersebut mengemukakan, di hari pertama ujian dibagi empat sesi. Satu sesi terdiri dari 200 peserta.

‘’Di hari Minggu ini (kemarin-red) satu sesi ujian untuk pendaftar CPNS Jepara, sedangkan Blora empat sesi. Untuk Senin (1/12), terdiri dari lima sesi, semua untuk Blora,’’ tandasnya. Menurutnya, alokasi waktu ujian untuk pendaftar CPNS Blora akan berlangsung hingga Jumat (5/12).

Sekadar diketahui, jumlah pendaftar CPNS Blora 2014 online melalui internet sebanyak 6.434 orang. Yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 900. Sedangkan yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 5.212 orang. Adapun jumlah formasi yang disediakan hanya 44 formasi. Persaingan terberat terjadi di formasi penyuluh keluarga berencana (KB).

Dari delapan formasi yang disediakan di penyuluh KB, yang akan mengikuti seleksi tertulis sebanyak 3.264 orang. Pendaftar penyuluh KB memang paling banyak karena pendaftar formasi ini kualifikasi pendidikan S-1 semua jurusan.

Persaingan berat berikutnya ada pada formasi guru olahraga SD. Dari tujuh formasi yang disediakan, jumlah pendaftar yang memenuhi syarat sebanyak 1.042 orang.

Ujian seleksi CPNS dengan metode CAT. Perangkat komputer yang disediakan panitia seleksi nasional (panselnas) di lokasi ujian jumlahnya terbatas, atau hanya sekitar 200 buah. Karena itu, ujian seleksi dilakukan bertahap. Melalui metode CAT, peserta akan bisa langsung mengetahui nilai yang diperolehnya. (infoblora)

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa di Kecamatan Kradenan

Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

Batu akik American Star asli dan palsu